Kebudayaan Dong Dau (3500-3000 SM)

Kebudayaan Dong Dau

Kebudayaan Dong Dau Kebudayaan Dong Dau adalah kebudayaan Zaman Perunggu Tengah (Middle Bronze Age) di Vietnam. Kebudayaan Dong Dau diperkirakan terjadi sekitar 3500-3000 SM yang berkembang di Delta Sungai Merah (Song Hong, Red River Delta), Vietnam. Keberadaan kebudayaan Dong Dau termasuk penting tidak hanya sekedar untuk memahami urutan kebudayaan pra-aksara di wilayah Delta Sungai Merah, melainkan juga perkembangannya memiliki pengaruh bagi peradaban awal di Vietnam.

Sejak penemuan pertamanya pada tahun 1962, situs arkeologi Dong Dau telah dilindungi dan dilestarikan secara ketat untuk penggalian, penelitian, dan studi wisata untuk lembaga ilmiah, ilmuwan, dan peneliti khusus. Situs warisan ini telah mengalami tujuh eksplorasi dan penggalian besar sejak tahun 1965, dengan luas total 758 m2, terkonsentrasi di bagian selatan, timur dan barat dengan kedalaman rata-rata lebih dari 3m termasuk beberapa tempat hingga 6 m. Di dalam artikel ini akan dijelaskan tentang kebudayaan Dong Dau yang berkembang di Vietnam.

Identifikasi

Berdasarkan penanggalan radiokarbon, kebudayaan Dong Dau dengan jelas memberikan pemetaan terhadap perkembangan kebudayaan pra-aksara di daerah Sungai Merah. Pemetaan terhadap perkembangan kebudayaan itu menunjukkan bahwa budaya Dong Dau adalah hasil perkembangan dari kebudayaan Phung Nguyen dan selanjutnya digantikan oleh kebudayaan Go Mun dan kebudayaan Dong Son.

Penanggalan Radiokarbon

Perlu diketahui, hingga saat ini terdapat sekitar 17 situs arkeologi yang tersebar dan teridentifikasi adalah milik kebudayaan Dong Dau. Semuanya tersebar di seluruh Lembah Sungai Merah di Bac Bo (wilayah utara). Situs Dong Dau A, serta Dinh Xa dan Thanh Den terletak di provinsi Vinh Phuc. Situs Go Dien (berupa pemakaman), Dong Den (lapisan atas), Noi Cam (lapisan bawah dan Dong Dau B terletak di Provinsi Phu To. Selanjutnya ada Go Vuon Chuoi dan Dong Den (lapisan atas), Mao Son dan Doi Da (lapisan bawah terletak di Provinsi Ha Tay. Situs Bai Men (lapisan tengah), Dinh Trang, Tien Hoi dan Xuan Kieu terletak di Kota Hanoi. Sedangkan situs Dinh To dan Tu Son (lapisan atas terletak di Provinsi Bac Ninh dan Dong Lam terletak di Provinsi Bac Giang.

Baca Juga  Kebudayaan Pacitan

Sebagian besar situs-situs itu terletak di daerah dataran rendah di sebelah sungai, terasering atau bukit kecil di tengah Utara. Hingga saat ini berdasarkan pada 26 sampel artefak Dong Dau telah berhasil diidentifikasi dan diberi tanggal dengan metode radiokarbon. Dengan menggunakan metode itu, maka dapatlah diperoleh penanggalan untuk kebudayaan Dong Dau, empat diantaranya yakni sekitar 3.730 SM. Sedangkan sebagian besar artefak berkisar 3250-2850 SM. Sehingga periode 3730 SM ditolak dan dianggap sebagai bagian dari periode kebudayaan sebelumnya. Meskipun bisa saja penanggalan ini mengalami perubahan dan kebudayaan Dong Dau menjadi lebih awal 3600-3050 SM.

Peninggalan Kebudayaan Dong Dau

Di bawah ini adalah beberapa peninggalan dari kebudayaan Dong Dau:

kebudayaan dong dau
Gelang batu
kebudayaan dong dau
Tembikar dalam bentuk hewan

Perkembangan Selanjutnya

Penggalian ketujuh dari Situs kebudayaan Dong Dau yang dilakukan pada bulan Desember 2012 di sebelah barat situs mencakup area seluas 25 m2 telah menemukan banyak artefak yang mencerminkan kehidupan orang Vietnam kuno. Penemuan penting ini dapat memberikan kemudahan di dalam mengidentifikasi kebudayaan awal yang berkembang di Vietnam.

Perkembangan dalam penelitian kebudayaan Dong Dau dilanjutkan pada tahun 2013. Para arkeolog yang melakukan penggalian bersama dengan Vietnam Association of Archaeology (VAA) telah menemukan sebuah makam berisi sisa-sisa tulang-belulang yang diidentifikasi adalah seorang pria yang diyakini hidup di era Phung Nguyen sekitar 3.500 tahun yang lalu, di situs peninggalan Dau di Vinh Phuc. Jenazahnya, yang diyakini sebagai pria setinggi 1,6 meter, dikirim ke museum provinsi untuk penelitian dan pelestarian lebih lanjut.

Selain penemuan tulang-belulang manusia di dalam sebuah makam, juga ditemukan banyak artefak lainnya seperti kapak dan parutan batu, panah perunggu, keramik dan perhiasan yang terbuat dari batu, tanduk dan tulang binatang yang juga ditemukan selama ekskavasi. Berdasarkan pada ekskavasi ini, Para ilmuwan mengidentifikasinya ke dalam bagian dari kebudayaan Dong Dau, Go Mun dan Phung Nguyen.

Baca Juga  Pemberontakan Taiping (1850-1864)

Daftar Bacaan

  • Mien, Nguyen Quan. 2005. “Radiocarbon Dating of The Dong Dau Period”. Indo-Pacific Prehistory Association Bulletin 25: Taipei Papers Volume 3: 113-115.
error: Content is protected !!