Tema-Tema Sejarah

Tema-Tema Sejarah Tema-tema sejarah adalah berbagai cabang sejarah menurut tema-tema yang memberikan sifat atau karakteristik tertentu pada berbagai ragam historiografi yang dihasilkan. Hal ini terjadi berdasarkan pada penggunaan secara luas konsep-konsep ilmu-ilmu sosial yang relevan seperti yang telah dipahami pada keterkaitan sejarah dan ilmu-ilmu sosial. Di dalam artikel ini akan dijelaskan tentang tema-tema sejarah.

Ragam Tema-Tema Sejarah

Diantaranya ada yang dikategorikan sejarah sosial (ilmiah) yang erat dengan sosiologi; sejarah ekonomi baru yang erat kaitannya dengan penggunaan model-model atau teori-teori dalam ilmu ekonomi; sejarah politik baru yang memperluas kajiannya pada berbagai aspek kegiatan politik; sejarah kebudayaan dan sejarah etnis yang erat hubungannya dengan antropologi; geografi sejarah, keterkaitan sejarah dengan perubahan-perubahan spasial geografis; sejarah mentalitas (l’histoire mentalite) dan “psycho-history” yang erat dengan filsafat dan ide-ide; sejarah intelektual yang erat dengan filsafat dan ide-ide; sejarah demografi; sejarah keluarga dan lain sebagainya.

mengenal tema-tema sejarah

Berkaitan dengan pendekatan interdisiplin dan/atau multidisiplin ini, ada dua hal yang perlu dipahami:

  1. Karena umumnya “sejarah baru” ini berorientasi pada problema, konsep-konsep yang digunakan dapat lintas-disiplin. Fenomena sejarah yang mengandung hubungan patron-client, misalnya, dapat dibahas melalui disiplin-disiplin antropologi, sosiologi dan politik.
  2. Pendekatan interdisiplin dan/atau multidisiplin (multi-dimensional) dapat menghindari bentuk “visi terowongan” atau “sejarah terowongan” (tunnel history) yang dikhawatirkan oleh Hexter meskipun tetap menggunakan label-label sejarah tertentu sebagai tema sentral.

Di bawah ini adalah beberapa bentuk dari tema-tema sejarah:

  1. Sejarah Sosial;
  2. Sejarah Ekonomi;
  3. Sejarah Demografi;
  4. Sejarah Politik;
  5. Sejarah Kebudayaan;
  6. Sejarah Kebudayaan Rakyat;
  7. Sejarah Etnis;
  8. Sejarah Keluarga;
  9. Sejarah Intelektual;
  10. Sejarah Psikologis dan Psikohistori;
  11. Sejarah Pendidikan;
Baca Juga  Pengertian Sejarah Secara Lengkap

Daftar Bacaan

  • Sjamsuddin, Helius. 2007. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari Abhiseva.id

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca