Mind Mapping Samudra Pasai

Mind Mapping Kerajaan Samudra Pasai

Mind Mapping Samudra Pasai – Sejak runtuhnya dominasi Kerajaan Sriwijaya pada pertengahan Abad ke-13 M, di Pantai utara Pulau Sumatra mulai bertumbuh kekuatan-kekuatan politik baru. Kekuatan-kekuatan politik itu berupaya untuk menggantikan peran dan dominasi Kerajaan Sriwijaya yang telah mengalami kemunduran dan keruntuhan pada abad ke-13. Kekuatan politik itu antara lain adalah Kerajaan Samudra Pasai yang mulai menunjukkan eksistensinya sebagai kekuatan politik pada akhir abad ke-13.

Samudra Pasai sendiri mulai tumbuh menjadi kekuatan politik baru di kawasan barat Kepulauan Indonesia yang bercorak Islam. Meskipun pada gilirannya Kerajaan Samudra Pasai harus mengalami pasang-surut akibat kuatnya pengaruh dari politik Jawa (Kerajaan Majapahit). Namun, Kerajaan Samudra Pasai dapat memanfaatkan lemahnya hegemoni politik Jawa di akhir abad ke-15 dan kembali menjadi penguasa di pantai utara Pulau Sumatra.

Eksistensi Kerajaan Samudra Pasai dapat diketahui dari beberapa sumber-sumber sejarah yang diantaranya; Hikayat Samudra Pasai, Bustanus al-Salatin, Hikayat Patani, Sejarah Melayu, dan Hikayat Raja-Raja Pasai. Berikut ini adalah contoh dari Mind Mapping Kerajaan Samudra Pasai, semoga dapat bermanfaat.

Mind Mapping Kerajaan Samudra Pasai, Mind Mapping Samudra Pasai