Organisasi Fujinkai (1943-1945)

Fujinkai adalah organisasi semi-militer yang dibentuk pada masa pemerintahan militerisme Jepang di Indonesia. Perlu diketahui, sebagai upaya memperkuat kekuatan dalam menghadapi perang di front Asia-Pasifik, selain mengerahkan tenaga para lelaki, Jepang juga mengerahkan tenaga perempuan dengan membentuk organisasi yang diberi nama Fujinkai (Himpunan Perempuan).

Dibentuknya Organisasi Fujinkai

Organisasi Fujinkai dibentuk oleh Jepang pada bulan Agustus 1943. Organisasi Fujinkai ini merekrut anggotanya dengan batas minum berusia 15 tahun. Kepada kaum perempuan ini juga diberikan pelatihan-pelatihan dasar kemiliteran. Fujinkai mengadakan hubungan dengan Seinendan dan Keibodan dan sama halnya dengan kedua organisasi ini, pembentukannya dimaksudkan untuk membantu usaha perang Jepang di garis belakang, sesuai dengan kedudukan perempuan.

organisasi fujinkai

Fujinkai mengadakan kursus-kursus dan ceramah-ceramah dalam usahanya menggiatkan usaha menabung, meningkatkan kesehatan dan makanan serta kepalangmerahan. Dalam upaya membantu memajukan pendidikan, Fujinkai bekerja sama dengan sekolah-sekolah atau mengadakan ceramah-ceramah di lingkungan rumah.

Daftar Bacaan

  • Poesponegoro, Marwati Djoened & Nugroho Notosusanto. 2011. Sejarah Nasional Indonesia VI: Zaman Jepang dan Zaman Republik. Jakarta: Balai Pustaka.
  • Ricklefs, M.C. 2008. Sejarah Indonesia Modern 1200-2008. Jakarta: Serambi.
Baca Juga  Kerajaan Ternate (1257-1964)
error: Content is protected !!