Pengertian Sejarah

Pengertian Sejarah – Sejarah acap kali dipahami oleh masyarakat secara umum sebagai suatu hal yang telah terjadi di masa lalu atau hal-hal yang berkaitan dengan masa lampau dalam ruang dan waktu. Selain itu sejarah juga dipahami sebagai kejadian yang terjadi pada masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan berbagai peristiwa. Peninggalan-peninggalan itu disebut dengan sumber sejarah. Di dalam artikel ini akan dijelaskan tentang pengertian sejarah.

Table of Contents

Pengertian Sejarah Secara Etimologi

Secara etimologi atau jika dilihat dari asal kata, kata sejarah berasal dari bahasa Arab, yaitu Syajaratun, yang berarti pohon kayu. Pohon dalam pengertian ini merupakan suatu simbol, yaitu sebagai simbol kehidupan. Di dalam pohon terdapat bagian-bagian seperti batang, ranting, daun, akar, dan buah. Bagian-bagian dari pohon itu memiliki keterkaitan dan membentuk pohon tersebut menjadi hidup.

Baca Juga  Masalah Objektivitas dan Subjektivitas Sejarah

Ada dinamika yang bersifat aktif di mana dinamika ini terus-menerus terjadi dan berkaitan dengan ruang dan waktu di mana kehidupan itu berada. Dengan diartikan sejarah ibarat sebuah pohon, berarti dapat diartikan pula bahwa sejarah menunjukkan adanya suatu pertumbuhan dan perkembangan.

Jikalau mengaitkan pengertian syajaratun (syajaroh) dengan kehidupan manusia, dapatlah mengandung pengertian bahwa manusia itu hidup dan akan terus bergerak tumbuh seiring dengan perjalanan waktu dan ruang tempat dia manusia itu berada. Selain istilah syajaratun yang berasal dari bahasa Arab, terdapat kata-kata Arab lainnya yang memiliki arti hampir serupa dengan kata syajaratun, seperti riwayat, atau hikayat, kisah, silsilah dan tarikh.

Istilah lain yang digunakan dan hampir memiliki persamaan dengan kata sejarah yaitu history dari bahasa Inggris yang artinya masa lampau (masa lampau umat manusia), geschichte berasal dari bahasa Jerman yang berarti sesuatu yang telah terjadi, dan geschiedenis yang berasal dari bahasa Belanda. Kata History berasal dari Yunani kuno, yaitu historia (istoria) yang berarti belajar. Istilah history pada mulanya bukanlah berarti sejarah dalam pengertian sekarang, tetapi lebih dekat sebagai ilmu pengetahuan atau sains.

Di dalam perkembangannya, kata historia diartikan sebagai sesuatu hal yang telah terjadi. Istilah ini sama dengan kata geschichte, berasal dari kata geschehen, yang berarti terjadi; dan gechiedenis, yang berasal dari kata geschieden, yang berarti terjadi. Kata historia yang berasal dari bahasa latin tersebut diserap ke dalam bahasa-bahasa eropa lainnya. Misalnya historie atau l’histoire dalam bahasa Prancis, history dalam bahasa Inggris, dan istorya dalam Bahasa Rusia.

pengertian sejarah

Terdapat tiga aspek di dalam sejarah, yaitu masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang. Masa lampau dijadikan titik tolak untuk masa yang akan datang sehingga sejarah mengandung pelajaran tentang nilai dan moral. Pada masa kini, sejarah akan dapat dipahami oleh generasi penerus dari masyarakat yang terdahulu sebagai suatu cerminan untuk menuju kemajuan di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Baca Juga  Sejarah Sebagai Humaniora

Peristiwa yang terjadi pada masa lampau akan memberikan gambaran tentang kehidupan manusia dan kebudayaannya di masa lampau sehingga dapat merumuskan hubungan sebab-akibat mengapa suatu peristiwa dapat terjadi dalam kehidupan tersebut, walaupun belum tentu setiap peristiwa atau kejadian akan tercatat dalam sejarah.

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari Abhiseva.id

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca