Prabu Bunisora

Prabu Bunisora


Prabu Bunisora – Prabu Bunisora adalah adik dari Prabu Linggabuana yang gugur dalam Tragedi Bubat 1357 M. Prabu Bunisora naik takhta Kerajaan Sunda setelah Prabu Linggabuana gugur dalam tragedi Bubat yang menewaskan seluruh keluarganya terkecuali putra mahkota Pangeran Wastu Kancana. Prabu Bunisora sebelumnya adalah Mangkubumi sekaligus patih dari Kerajaan Sunda pada masa Prabu Linggabuana berkuasa. Namun, berdasarkan hasil mufakat raja-raja daerah, Prabu Bunisora diangkat sebagai raja Kerajaan Sunda sebagai raja pendamping dari sang putra mahkota, Pangeran Wastu Kancana.


Prabu Bunisora yang memerintah Kerajaan Sunda menampilkan sosok pemerintahan yang religius. Prabu Bunisora pun juga dikenal sebagai satmata dan dikenal pula dengan gelar Sang Bataraguru. Prabu Bunisora beristrikan Laksmiwati yang memiliki beberapa orang anak, diantaranya:


1. Giridewata atau Ki Gedeng Kasmaya

2. Bratalegawa

3. Banawati

4. Mayangsari


Pada tahun 1371 M Prabu Bunisora kemudian menikahkan anaknya yang bernama Mayangsari dengan putera mahkota Wastu Kancana. Di tahun yang sama, setelah pernikahan puterinya, Prabu Bunisora wafat. Maka kedudukannya sebagai raja Kerajaan Sunda diberikan kepada putera mahkota Wastu Kancana.