Indrawarman (455-515 M)

Raja Indrawarman dari Kerajaan Tarumanegara

Indrawarman – Indrawarman naik takhta sebagai raja Kerajaan Tarumanegara menggantikan Raja Wisnuwarman yang mangkat pada tahun 377 Saka atau sekitar tahun 455 M. Setelah Raja Wisnuwarman meninggal, takhta Kerajaan Tarumanegara jatuh kepada putra laki-lakinya yang tertua, yaitu Indrawarman. Raja Indrawarman secara resmi dinobatkan sebagai raja Kerajaan Tarumanegara pada tahun 455 M dengan gelar Sri Maharaja Indrawarman Sang Paramarta Sakti Mahaprabawa Lingga Triwikrama Bunatala.

indrawarman

Setelah dinobatkan sebagai raja di Kerajaan Tarumanegara, Indrawarman kemudian mengangkat saudaranya, Widalawarman sebagai panglima angkatan perang Kerajaan Tarumanegara. Sedangkan pamannya, adik dari Wisnuwarman yang bernama Kharabawarman diangakat menjadi salah seorang petinggi di Kerajaan Tarumanegara.

Raja Indrawarman memiliki tiga orang anak yang diantaranya;

  1. Candrawarman;
  2. Dewi Komalasari;
  3. Santawarman.

Raja Indrawarman memerintah di Kerajaan Tarumanegara sekitar 60 tahun. Tidak banyak keterangan yang dihimpun pada masa pemerintahan Raja Indrawarman. Raja Indrawarman meninggal pada tahun tahun 515 M. Setelah Raja Indrawarman meninggal, Indrawarman digantikan oleh putranya yang bernama Candrawarman sebagai penguasa Kerajaan Tarumanegara.

error: Content is protected !!