Teknologi Transportasi

Perkembangan Teknologi Transportasi

Teknologi Transportasi – Teknologi transportasi mengalami perkembangan yang berkelanjutan dalam peradaban manusia. Perkembangan teknologi transportasi dinilai memudahkan mobilitas manusia dari satu tempat ke tempat lain dengan waktu yang sangat singkat. Di dalam artikel ini akan diuraikan secara singkat beberapa jenis teknologi transportasi.

Jenis-jenis Teknologi Transportasi

Kereta Api Cepat

Di dalam perkembangannya, kereta api telah mengalami perkembangan dari sisi kecepatan, penggunaan energy, sarana dan prasarana, tingkat keamanan, dan jalur yang digunakan. Kereta api cepat pertama dikembangkan oleh Jepang tahun 1964 dengan nama Shinkansen memiliki kecepatan 320 km per jam. Sedangkan pada era sekarang, kereta api tercepat di dunia dimiliki oleh China dengan nama Shanghai Maglev memiliki kecepatan 430 km per jam. Di Spanyol dalam kereta cepat Talgo, sebanyak 350 penumpang dapat mengakses video dan audio pada setiap kursinya.

perkembangan teknologi transportasi
Shanghai Maglev, Kereta Cepat dari Tiongkok

Untuk keamanan seperti pada kereta cepat milik Perancis yaitu Alstom Euroduplex dilengkapi hidung sepanjang 15 meter pada bagian depan kereta untuk meminimalkan suara, getaran, dan melindungi gerbong utama jika terjadi tabrakan. Jalur kereta api juga dikembangkan berbentuk medan magnet, sehingga kereta bergerak melayang melintasi medan magnet yang muncul diantara rel dan kereta api. Untuk penggunaan bahan bakar, kereta api cepat hampir semua menerapkan konsep hemat energy dan ramah lingkungan.

Mobil Cepat

Teknologi mobil dengan kecepatan tinggi, hemat energy, ramah lingkungan, dan dilengkapi fitur- fitur modern serta canggih menjadi kebutuhan bagi para pengguna mobil cepat. Mobil tercepat di dunia pada tahun 2017 ini dimiliki oleh Hennessey Venom GT dengan mesin turbo yang dapat melaju pada top speed 435,3 km per jam dengan akselerasi 100 km per jam dalam waktu 2,4 detik. Mobil-mobil di era modern sudah dilengkapi dengan fasilitas audio, video, dan jaringan internet di dalamnya. Penggunaan air bag dan sensor menjadi pengamanan utama ketika mobil mengalami benturan. Yang menarik perusahaan mobil Nissan dari Jepang sedang menjalin kerja sama dengan NASA dari Amerika Serikat untuk mengembangkan teknologi mobil tanpa supir atau mobil otonom. Dimasa depan diprediksikan mobil otonom ini akan menarik perhatian dan diminati oleh masyarakat luas.

Motor Cepat

Sepeda Motor tercepat dunia di produksi tahun 2003 dengan nama Dodge Tomahawk. Motor ini memiliki kecepatan 675,9 km per jam dan dapat menampung 8,3 liter bensin. Penggunaan liquid cooled system pada motor cepat membuat suhu motor menjadi stabil. System injeksi yang ditanamkan membuat informasi di dalam tubuh motor tersimpan hanya dalam satu chip saja. Selain itu pengunaan elektromagnetik dalam teknologi motor dapat menghemat bahan bakar secara signifikan.

Pesawat Cepat

Pesawat komersil tercepat dunia adalah pesawat Concorde yang dikembangkan oleh perusahaan Boeing dan NASA dengan kecepatan 2500 mil per jam. Dengan asumsi jarak London-Sydney bisa ditempuh hanya dalam waktu 4 jam, yang jika dibandingkan pesawat komersil biasa memerlukan waktu 20 jam lebih. Penggunaan teknologi auto pilot juga memudahkan kerja pilot dalam mengendalikan pesawat. Perusahaan pesawat terbang dunia kini didominasi oleh perusahaan Boeing (Amerika Serikat) dan Airbus (Perancis). Sebenarnya bangsa Indonesia pernah memiliki perusahaan Industry Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) yang dipimpin oleh B. J. Habibie memproduksi pesawat. Pada tahun 1995 pesawat N-250 menjalani terbang perdana, namun krisis ekonomi tahun 1998 membuat program ini terhambat. Kini pemerintahan Joko Widodo melalui PT. Regio Aviasi Industry yang dipimpin oleh Ilham Akbar Habibie berencana meneruskan proyek pesawat terbang tersebut dengan nama R-80 dan memasukannya dalam proyek strategis nasional.

Kapal Cepat

Teknologi transportasi kapal tercepat dunia bernama Fransisco yang dikembangkan tahun 2013 oleh perusahaan Incat (Australia). Kapal ini berbahan bakar gas, ramah lingkungan, memiliki daya tampung besar, dan dapat menempuh kecepatan 58 knot atau 67 mil per jam. Di Indonesia kapal Ferry yang melayani perjalanan Jakarta-Jepara mampu menempuh perjalanan 500 km per 5 jam. Indonesia juga memiliki kapal yang masuk kategori mewah yaitu KMP Port Link. Kapal ini dibuat di Harland and Wolff Ltd Belfast, Inggris, ditempat yang sama kapal Titanic pernah dibuat. KMP Port Link mampu mengangkat 1500 penumpang dan dilengkapi fasilitas mini market, bar, cafe serta bioskop.

Dampak

  1. Memudahkan masyarakat dalam melakukan mobilitas sosial geografis
  2. Membuka ruang antara satu tempat dengan tempat lainnya
  3. memperlancar arus produksi, distribusi, dan konsumsi barang atau jasa
  4. Menambah fasilitas dan pelayanan dalam transportasi berbasis public
  5. Sebagai tolak ukur kemajuan pembangunan di suatu negara
error: Content is protected !!