Sejarah Sebagai Kisah

Sejarah Sebagai Kisah: Pengertian, Ciri dan Contohnya

Sejarah Sebagai Kisah – Pernahkah Anda mendengar kata kisah? atau Anda pernah menggunakan kata kisah? atau mungkin Anda pernah menikmati sebuah kisah?. Kisah dipahami sebagai cerita tentang kejadian (riwayat dan sebagainya) dalam kehidupan seseorang dan sebagainya; kejadian (riwayat dan sebagainya). Sejarah selain dipahami sebagai sebuah ilmu dan peristiwa, sejarah juga dianggap sebagai kisah. Di dalam artikel ini akan menjelaskan tentang sejarah sebagai kisah.

Pengertian

Sejarah sebagai kisah adalah peristiwa sejarah yang telah direkonstruksi atau diceritakan kembali berdasarkan penafsiran atau ingatan seseorang, baik seorang pencerita sejarah, penulis sejarah maupun sejarawan. Sejarah sebagai kisah juga merupakan pendapat masing-masing yang merupakan hasil interpretasi perorangan yang masih utuh dan belum di generalisasikan.

Semua hasil karya  manusia merupakan bukti dari kisah manusia yang hidup dan cenderung bersifat dinamis (selalu berubah). Mendeskripsikan sejarah sebagai kisah tidak terlepas dari peristiwa-peristiwa sejarah yang telah terjadi di masa lampau.

Ciri-Ciri

Sejarah sebagai kisah juga memiliki sifat atau karakteristik, antara lain:

  1. bersifat subjektif, sebab sejarah disusun berdasarkan ingatan masa lalu seorang individu yang berarti cerita sejarah adalah pendapat dari masing-masing orang (individu) yang memiliki interpretasi yang berbeda terhadap suatu peristiwa. Dalam arti kata cerita sejarah yang dideskripsikan oleh masing-masing individu jelaslah memiliki perbedaan;
  2. selain bersifat subjektif, sifat sejarah sebagai kisah adalah sebagai sarana untuk mengungkapkan/menjelaskan kembali peristiwa yang terjadi di masa lalu.

Contoh Sejarah Sebagai Kisah

Kisah Ken Arok

Ken Arok merupakan pendiri kerajaan Singasari, ia mendirikan kerajaan ini dengan melakukan pembunuhan terhadap raja dari kerajaan kediri, Kertajaya. Sebelumnya ia juga telah berhasil membunuh Tunggul Ametung, seorang akuwu di Tumapel dengan keris yang sangat melegenda, yaitu “Keris Mpu Gandring”.  Setelah berhasil membunuh Tunggul Ametung, Ken Arok menikahi istri Tunggul Ametung yang bernama Ken Dedes.

Kisah Ratu Shima

Ratu Shima (Shi-mo/Sima) adalah penguasa perempuan dari Kerajaan Kalingga (Ho-ling) yang terkenal tegas dan adil dalam memerintah kerajaannya. Ketegasan dan keadilan yang dilakukan oleh Ratu Shima terkenal hingga ke berbagai negeri, baik Cina, India maupun Semenanjung Arab. Ratu Shima tidak pernah tebang pilih dalam melaksanakan undang-undang negaranya demi tegaknya keadilan. Hal ini ditunjukkan dengan memberikan hukuman kepada putera mahkota Kerajaan Kalingga (putera Ratu Shima sendiri) yang telah melanggar hukum yang telah ditetapkan oleh Kerajaan Kalingga.

error: Content is protected !!