Zaman Kapur (Cretaceous) (145-66 Juta Tahun Yang Lalu)

Zaman Kapur (cretaceous) adalah periode geologi yang berlangsung sekitar 145 hingga 66 juta tahun yang lalu. Ini adalah periode ketiga dan terakhir dari Era Mesozoikum, dan sekaligus menjadi periode terpanjang. Berusia sekitar 79 juta tahun, ini merupakan periode geologi terpanjang sepanjang masa Fanerozoikum.

Zaman Kapur adalah periode dengan iklim yang relatif hangat, mengakibatkan tingginya permukaan laut eustatis yang menciptakan banyak laut pedalaman yang dangkal. Samudera dan lautan ini dihuni oleh reptil laut, amon, dan rudist yang kini sudah punah, sementara dinosaurus terus mendominasi daratan. Dunia bebas es, dan hutan meluas hingga ke kutub. Pada masa ini, kelompok mamalia dan burung baru bermunculan. Selama periode Kapur Awal, tumbuhan berbunga muncul dan mulai melakukan diversifikasi dengan cepat, menjadi kelompok tumbuhan yang dominan di seluruh bumi pada akhir Kapur, bertepatan dengan penurunan dan kepunahan kelompok gymnospermae yang sebelumnya tersebar luas.

Masa Kapur (bersama dengan Mesozoikum) berakhir dengan peristiwa kepunahan Kapur–Paleogen, yaitu kepunahan massal besar-besaran yang menyebabkan punahnya banyak kelompok makhluk hidup, termasuk dinosaurus non-unggas, pterosaurus, dan reptil laut besar. Periode Kapur-Paleogen ini adalah tanda geologis yang terkait dengan kepunahan massal yang terjadi antara Era Mesozoikum dan Kenozoikum.

Penggunaan Nama Zaman Kapur

Penggunaan istilah Kapur sebagai periode terpisah pertama kali didefinisikan oleh ahli geologi Belgia Jean d’Omalius d’Halloy pada tahun 1822 sebagai Terrain Cretace. Penggunaan istilah ini didasari pada lapisan yang terdapat di Cekungan Paris (Paris Basin). Dilapisan yang berada di Cekungan Paris ini ditemukan endapan lapisan kapur yang luas (endapan kalsium karbonat oleh cangkang invertebrata laut, terutama coccolith), sehingga dengan penemuan inilah maka Jean d’Omalius menggunakan istilah zaman Kapur (cretaceous).

Baca Juga  Zaman Tersier (66-2,6 Juta Tahun Yang Lalu)
zaman kapur
Ilustrasi kehidupan zaman kapur

Nama Cretaceous berasal dari bahasa Latin yakni creta, yang berarti kapur. Pembabakan dua periode yang terdapat di dalam Zaman Kapur diterapkan oleh Conybeare dan Phillips pada tahun 1822. Alcide d’Orbigny pada tahun 1840 membagi Kapur Prancis menjadi lima tahapan: Neocomian, Aptian, Albian, Turonian, dan Senonian. Kemudian terjadi juga penambahan tahap Urgonian di antara tahap Neocomian dan Aptian; dan tahapan Cenomanian di antara Albian dan Turonian.

Pembagian Periode Zaman Kapur

Zaman Kapur dibagi menjadi Kapur Awal dan Akhir, atau terkadang disebut juga Kapur Bawah dan Kapur Atas. Dalam literatur lama, Zaman Kapur terkadang dibagi menjadi tiga tahapan: Neokomian (bawah/awal), Galia (tengah) dan Senonian (atas/akhir). Pembagian zaman Kapur ini terdapat 12 tahapan yang semuanya berasal dari stratigrafi yang terdapat di Eropa, dan batasan ini kini digunakan di seluruh dunia. Meskipun demikian, di banyak belahan dunia, pembagian tahapan secara lokal masih digunakan sebagai alternatif. Berikut ini adalah pembagian periode kapur:

Zaman Kapur Awal

Kapur Awal (nama geokronologis) atau biasa disebut juga Kapur Bawah (nama kronostratigrafi) adalah bagian paling awal atau lapisan terbawah dari dua bagian utama zaman Kapur. Periode ini diperkirakan berkisar antara 145 hingga 100,5 juta tahun yang lalu. Periode Kapur Awal ini terbagi menjadi enam tahapan yaitu Berriasian, Valanginian, Hauterivian, Barremian, Aptian, dan Albian:

Berriasian

Di dalam pembabakan waktu berdasarkan ilmu geologi, Berriasian merupakan zaman/tahapan Kapur Awal/Bawah. Berriasian Ini adalah tahapan paling awal dan tertua di seluruh periode zaman Kapur. Diperkirakan rentang waktu Berriasian antara 145,0 hingga 139,8 juta tahun yang lalu.

Valanginian

Di dalam pembabakan waktu berdasarkan ilmu geologi, Valanginian merupakan zaman/tahapan Kapur Awal/Bawah. Valanginian Ini adalah tahapan sesudah Berriasian. Diperkirakan rentang waktu Valanginian antara 139,8 hingga 132,6 juta tahun yang lalu.

Baca Juga  Zaman Tersier (66-2,6 Juta Tahun Yang Lalu)

Hauterivian

Di dalam pembabakan waktu berdasarkan ilmu geologi, Hauterivian, dalam skala waktu geologi, merupakan Zaman Kapur Awal atau Kapur Bawah. Hauterivian Ini berlangsung antara 132,6 hingga 125,77 juta tahun yang lalu. Tahapan Hauterivian dilanjutkan oleh tahapan Barremian.

Barremian

Tahapan/periode Barremian b 125,77 hingga 121,4 juta tahun yang lalu. Tahapan Barremian ini adalah tahapan di dalam periode Kapur Bawah. Tahapan Barremian ini dilanjutkan dengan Tahap Aptian.

Aptian

Tahapan Aptian adalah pembabakan dari Zaman Kapur Awal atau Kapur Bawah dan berlangsung sekitar 121,4 hingga 113,0 juta tahun yang lalu. Tahapan Aptian digantikan oleh tahapan Albian.

Albian

Tahapan Albian adalah tahapan termuda dari periode Zaman Kapur Awal/ Kapur Bawah. Perkiraan rentang waktu berlangsungnya periode Albian adalah 113,0 hingga 100,5 juta tahun yang lalu. Tahapan Albian ini digantikan dengan tahapan Cenomanian yang menandai dimulainya Zaman Kapur Atas.

Zaman Kapur Atas

Kapur Akhir (nama geokronologis) adalah periode termuda dari dua periode yang membagi Zaman Kapur berdasarkan skala waktu geologi. Sedangkan berdasarkan lapisan batuan dari zaman ini membuatnya juga disebut sebagai Kapur Atas (nama kronostrtaigrafi). Periode Kapur Atas ini berlangsung antara 100,5 hingga 66 juta tahun yang lalu. Periode Kapur atas terbagi menjadi enam tahapan yaitu Cenomanian, Turonian, Coniacian, Santonian, Campanian, Maastrichtian.

Cenomanian

Cenomanian adalah tahapan tertua atau paling awal dari periode Kapur Akhir atau lapisan terbawah dari Kapur Atas. Periode Cenomanian berlangsung antara 100,5 hingga 93,9 juta tahun yang lalu. Periode Cenomanian digantikan oleh tahapan Turonian.

Turonian

Zaman Turonian merupakan periode kedua dari Kapur Akhir atau lapisan selanjutnya dari Zaman Kapur Atas. Periode Turonian Ini berlangsung antara 93,9 hingga 89,8 (juta tahun yang lalu). Tahapan Turonian dilanjutkan oleh tahapan Coniacian.

Baca Juga  Zaman Tersier (66-2,6 Juta Tahun Yang Lalu)

Coniacian

Tahapan Coniacian merupakan tahapan dalam Zaman Kapur Akhir atau lapisan Kapur Atas yang berlangsung antara 89,8 hingga 86,3 juta tahun yang lalu. Tahapan Coniacian dilanjutkan oleh tahapan Santonian.

Santonian

Tahapan Santonian merupakan tahapan dalam Zaman Kapur Akhir atau lapisan Kapur Atas. Periode Ini berlangsung antara 86,3 hingga 83,6 juta tahun yang lalu. Tahapan Santonian dilanjutkan oleh tahapan Campanian.

Campanian

Campanian adalah tahapan kelima dari enam tahapan zaman Kapur Akhir atau Kapur Atas. Periode Campanian berlangsung antara 83,6 hingga 72,1 juta tahun yang lalu. Periode Campanian ini dilanjutkan oleh tahapan Maastricht. Tahapan Campanian terjadi ketika kenaikan permukaan air laut di seluruh dunia menutupi banyak wilayah pesisir.

Maastrichtian

Maastrichtian adalah tahapan paling atas dari Zaman Kapur Akhir atau lapisan Kapur Atas. Periode Maastrichtian ini berlangsung antara 72,1 hingga 66 juta tahun yang lalu. Periode Maastrichtian dilanjutkan oleh tahapan Danian yang merupakan tahapan bagian dari Paleogen dan Paleosen). Perlu diketahui, bahwa peristiwa kepunahan Kapur–Paleogen (sebelumnya dikenal sebagai peristiwa kepunahan Kapur–Tersier) terjadi pada akhir tahapan ini. Dalam kepunahan massal ini, banyak spesies yang dikenal seperti dinosaurus non-unggas, plesiosaurus, dan mosasaurus, serta banyak spesies lain yang kurang dikenal, punah. Penyebab kepunahan ini paling sering dikaitkan dengan asteroid selebar 10 hingga 15 kilometer (6,2 hingga 9,3 mil) yang menghantam Bumi dan mengakhiri periode Zaman Kapur.

Daftar Bacaan

  • Glossary of Geology (3rd ed.). 1972. Washington, D.C.: American Geological Institute
  • Ogg, J.G.; Hinnov, L.A.; Huang, C. 2012. “Cretaceous”, The Geologic Time Scale, Elsevier: pp. 793–853
error: Content is protected !!